Tips Memilih Model Busana Muslim yang Tetap Syar’i

Tips Memilih Model Busana Muslim yang Tetap Syar’i – Model busana muslim tentu memiliki banyak variasi yang bermacam-macam. Walaupun demikian banyak juga model busana muslim yang tidak sesuai dengan syariat sehingga tidak syar’i. Bagi kalian yang ingin menggunakan busana muslim tetap terlihat syar’i bisa mencoba beberapa tips yang akan saya bagikan ini dikutip dari https://azqila.com tentang tips memilih model busana muslim yang tetap syar’i.

6 Tips Memilih Model Busana Muslim yang Tetap Syar’i

busana panjang dan lebar
busana panjang dan lebar

Tips pertama, pilih model baju yang tidak ketat

Tips pertama adalah pilihlah model busana muslim yang tidak ketat. Biasanya untuk sekadar mengikuti model seseorang hanya membeli tanpa mempertimbangkan baju yang ketat (bagi muslim). Baju yang ketat tentu tidak disyariatkan di dalam agama islam. Bagi kalian yang menginginkan model busana muslim yang syar’i bisa memilih model baju yang tidak ketat karena bisa memperlihatkan lekuk tubuh yang tentunya tidak sesuai dengan syariat agama islam.

Tips kedua, pilih model baju tanpa kerutan

Kerutan atau serutan yang ada di baju juga akan membuat tubuh semakin terlihat lekuknya. Hal tersebut tentu saja tidak sesuai dengan syariat agama. Usahakan memilih baju yang tidak terdapat kerutan atau serutan sehingga model busana muslim tetap sesuai dengan syariat.

Tips Ketiga, pilih ukuran baju yang lebar dan panjang

Berhubungan dengan tips yang pertama yaitu pilihlah model baju yang lebar atau minimal tidak terlalu pas dengan tubuh sehingga tetap nyaman digunakan dan dipakai. Apabila tidak terlalu suka menggunakan baju atau busana muslim yang lebar bisa memilih model yang sesuai dengan bentuk tubuh. Selain ukuran lebar, panjang lengan busana muslim juga perlu diperhatikan karena lengan seperempat pun tidak termasuk syariat dalam agama islam. Jadi, pilihlah lengan yang panjang.

Tips keempat, pilih model hijab yang lebar

baju tidak ketat
baju tidak ketat

Model hijab umumnya terdapat dua macam model yaitu model instan dan model segiempat. Biasanya model hijab yang instan bisa memilih ukuran yang lebar seperti ukuran L dan juga XL. Apabila ingin menggunakan hijab dengan model ukuran segi empat biasanya pengguna akan membentuk dan membuat model sendiri sesuka hati. Hal ini perlu diperhatikan apabila ingin menggunakan model yang kekinian tetapi tetap syari. Bagi muslimah bisa membuat model hijab yang agak lebar minimal menutupi dada agar sesuai dengan syariat islam. Bagi kalian yang menginginkan model lain bisa menambahkan bros agar penampilan terlihat anggun dan tidak membosankan.

Tips kelima, pilih model celana bahan

Biasanya masih banyak yang menggunakan model celana jeans. Celana jeans memang merupakan jenis bawahan yang popular dan banyak digunakan oleh seluruh orang di dunia. Celana jeans cenderung memiliki model yang ketat sehingga membuat busana tidak terlihat syari karena celana yang ketat juga bisa memperlihatkan lekuk tubuh yang tentu saja tidak sesuai dengan syariat. Apabila memang masih ingin menggunakan celana jeans carilah celana jeans yang tidak ketat sehingga masih bisa dipadukan denggan busana muslin dan tetap syari atau bisa menggunakan baju yang panjangnya di bawah lutut sehingga tidak terlalu terlihat lekuk tubuh akibat menggunakan celana jeans. Selain itu, apabila memang ingin memadukan busana muslim dengan celana bisa memadukan dengan celana bahan karena celana bahan cenderung tidak ketat sehingga sesuai dengan syariat.

Tips keenam, jangan memilih baju pendek

Tips selanjutnya adalah jangan memilih model baju yang pendek karena bisa saja membentuk lekuk tubuh dan tidak sesuai dengan syariat. Pilihlah baju dengan ukuran minimal di atas lutut pas. Baju dengan ukuran di atas pinggang tentu termasuk model baju yang sangat pendek dan tidak sesuai dengan syariat.

Itulah beberapa tips memilih model busana muslim agar tetap syar’i. semoga bermanfaat.