Program Cerdas Tanpa Batas

originals.id – Dalam kegiatan CTB kedua di Citalahab Bedeng, TNGSH, Jawa Barat, komunitas Lebah mengadakan kegiatan pagi berupa permainan untuk anak usia SD serta mewarnai untuk anak usia PAUD & TK. Kemudian malamnya, komunitas membuat panggung teater sederhana dengan anak-anak sebagai pemainnya dan ditonton oleh seluruh warga di sana. Sementara di CTB bulan Januari lalu yang diadakan di dusun Kalangan, Gunung Kidul, DIY, komunitas Lebah mengadakan permainan untuk anak usia PAUD di pagi hari, melukis di sepatu kanvas untuk anak usia SD hingga SMP di siang hari, dan malamnya diadakan acara keakraban yang digelar oleh warga untuk komunitas.

Tak hanya itu, pada setiap CTB ada kegiatan yang bernama Dapur Bunda. Dapur Bunda ini selalu digawangi oleh beezers bernama Bhayu Radityo yang jago memasak. Tujuan utama diadakannya Dapur Bunda, tidak lain supaya ibu-ibu bisa memiliki alternatif pengolahan tanaman yang paling banyak tumbuh di lingkungan mereka. Contohnya, sewaktu di Bojonegoro, disampaikan pengetahuan tentang membuat bolu kacang hijau, karena selama ini kacang hijau hanya dimasak sebagai bubur.

Sedangkan saat di Citalahab, memberi alternatif penyajian teh dengan berbagai campuran rasa, seperti teh jahe, karena penyajian teh yang mereka tahu hanya teh manis dan teh tawar. Sementara untuk di dusun Kalangan, atas permintaan ibuibu di sana, komunitas memberi tahu cara pengolahan bonggol pisang menjadi keripik. Memang, jika dilihat kegiatan CTB ini banyak dilakukan di luar Jabodetabek.

Setelah beberapa kali program CTB berlangsung, lingkungan pun memberikan tanggapan positif. Tidak hanya anak-anak yang senang, tapi juga warga sekitar merasakan. Satu hal yang membuat Ijul semangat menggulirkan program ini adalah semangat anak-anak ketika mereka melihat buku yang begitu banyak, “Binar mata mereka yang tidak sabar untuk segera mulai membaca, semangat mereka saat berkegiatan dengan komunitas Lebah seharian.

Saya ingin melihat lebih banyak lagi semangat anak-anak Indonesia. Itulah yang membuat saya ingin terus menjalankan program CTB ini.” Selain melibatkan para beezers, Ijul juga melibatkan teman-teman tapi ia tidak pernah mengajak mereka untuk berkegiatan. Yang jelas, setiap sebelum melaksanakan kegiatan komunitas Lebah, Ijul akan memublikasikan ke berbagai akun media sosial. Nah, biasanya ada saja teman-teman yang ingin berkontribusi doa, dana, barang ataupun terlibat langsung dengan menyumbangkan tenaga mereka.