Cara Melakukan Perawatan Tanaman Padi untuk Hasil Maksimal

Padi atau Oryxa Sativa L adalah salah satu tanaman yang menghasilkan kebutuhan pokok konsumsi masyarakat. Padi merupakan tanaman budidaya urutan ke tiga setelah jagung dan gandum yang di gunakan untuk konsumsi makanan pokok sehari hari.

Kandungan karbohidrat dalam padi adalah yang paling utama di sebagian bersar masyarakat dunia. Oleh sebab itu, kemudian produksi terhadap padi semakin ramai di lakukan untuk memnuhi permintaan baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Untuk cara melakukan perawatan tanaman padi dapat di lakukan saat padi tersebut dalam masa pertumbuhan. Masa masa ini biasanya rentan akan hama yang bisa menghambat pertumbuhan padi.

Walau padi menjadi makanan pokok dan kebutuhannya sangat besar, namun sawah-sawah sekarang banyak dijadikan bangunan karena lebih menghasilkan dan demi memenuhi daerah pembangunan. Hal ini kadang kala yang membuat hasil pertanian tidak stabil.

Terlebih didaerah perkotaan atau seperti daerah yang dekat dengan tempat wisata, tentunya semakin banyak yang lahan sawah yang dibuat bangunan baik untuk rumah atapun toko.

Perawatan Padi Agar Hasil Maksimal

Yang lebih dulu penting dari perawatan padi ialah pemilihan benih padi. Pasalnya, percuma saja perawatan dilakukan semaksimal mungkin tapi varietas padi yang kita pilih tidak mendukung. Misalnya mudah sekali terkena hama dan lain sebagainya.

Untuk itulah, pemilihan bibit padi unggul itu sangat penting. Saya sendiri menyarankan untuk menggunakan benih padi hibrida agar hasil maksimal. Jika tidak ada dana lebih ya bisa mengggunakan benih padi inbrida saja tidak apa-apa. Yang penting, pilih yang seseuai spesifikasi untuk daerah anda dan hasilnya bagus.

Selain itu, pilihlah toko benih padi yang berkualitas. Banyak toko benih padi yang menjual benih tapi tidak tumbuh dengan baik. Hal ini biasanya bukan salah toko, tapi para pengedar yang nakal menjual benih palsu. Jadi pilhlah benih padi yang berasal dari toko benih padi unggulan baik secara online maupun offline.

Cara melakukan perawatan tanaman padi dapat Anda gunakan sebagai salah satu alternatif menjaga padi Anda agar tetap tumbuh tanpa gangguan hama yang merugikan. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Perhatikan akar agar terawat dengan baik. Jika masih berbentuk bulir padi, tetap biarkan saja dan jangan sampai terjatuh. Jika sudah tumbuh besar, jangan sekali kali memotong daun padi
  • Lakukan pembersihan pada sela sela padi untuk menghindari invasi rumput sekitarnya.
  • Pemberian pupuk secara berkala, seperti pupuk organik cair.

Ketiga tahapan tersebut Anda lakukan secara rutin sampai dengan padi dikatakan layak untuk di panen. Kegiatan perawatan ini dapat membantu pertimbuhan padi tumbuh menjadi lebih baik.]

Adapun tahapan lain untuk cara melakukan perawatan tanaman padi adalah dengan menggunakan cairan kimia yang di semprotkan. Hal ini dilakukan untuk mengusir hama, seperti tikus dan wereng. Namun, akan lebih baik menggunakan bahan semprot alami yang bisa di buat dari racikan bunga kecubung dan tembakau.

Cara yang lebih alami dengan menggunakan bahan organik akan menghindarkan Anda dari bahaya bahan kimia. Selain itu, ada pula semprot buah yang bertujuan untuk meningkatkan hasil buah. Bagi sebagian orang merawat padi adalah hal yang menyulitkan. Namun jika Anda menjalaninya dengan sabar dan tekun, maka akan menjadi hal yang begitu menyenangkan. Waktu Anda pun dapat berguna dan bermanfaat.