Jika Anda sedang menyusui dan masuk angin, jangan mulai minum pil dulu. Sebagian besar obat flu dianggap aman untuk dikonsumsi saat menyusui, tetapi karena obat-obatan tersebut akan masuk kedalam ASI dalam jumlah kecil, ikuti langkah-langkah cerdas ini untuk memastikan obat yang Anda gunakan juga aman untuk bayi.

Cara memastikan obat flu aman diminum saat menyusui

Periksa bahan aktif dalam obat flu yang terjual bebas resep untuk membantu menentukan tingkat keamanan untuk bayi, dan hindari obat-obatan dengan kandungan alkohol yang tinggi (seperti NyQuil). Jika dokter Anda meresepkan obat, selalu ingat untuk menyebutkan bahwa Anda sedang menyusui.

Lebih baik minum obat apa saja setelah Anda menyusui, untuk membantu membatasi paparan bayi. Juga, gunakan versi akting pendek daripada pelepasan waktu atau obat sekali sehari, karena jenis yang tahan lama lebih sulit bagi tubuh bayi untuk dimetabolisme.

Secara umum, semprotan tenggorokan, tablet hisap dan obat batuk dianggap aman. Hindari mengunyah banyak tetes yang mengandung mentol — ini bisa mengurangi suplai ASI Anda.

Jenis obat yang aman untuk ibu menyusui

Seperti yang kita ketahui, bahwa banyak sekali obat-obatan khusus flu yang terjual bebas di pasaran, yang memang bisa saja di konsumsi ibu menyusui. Namun sebelum hal buruk terjadi, ada baiknya jika kita mengetahui jenis mana yang aman dan yang tidak aman dikonsumsi ibu menyusui.

Dibawah ini ada beberapa jenis obat flu untuk ibu menyusui yang sudah lulus diuji dan ada juga yang belum lulus mendapatkan uji lab, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Pseudoephedrine: Telah disetujui oleh American Academy of Pediatrics (AAP). Namun, ini berpotensi menurunkan suplai ASI atau menyebabkan bayi mudah terserang penyakit. (Sering ditemukan di Sudafed, Theraflu, Claritin-D dan banyak lagi.)
  • Acetaminophen, alias Tylenol: Telah disetujui oleh AAP, dan sebagian besar ahli mengatakan itu aman dikonsumsi ibu menyusui ketika terserang flu atau pilek.
  • Guaifenesin: Belum diuji pada ibu menyusui, tetapi kadang-kadang diberikan kepada bayi secara langsung. (Sering ditemukan di Robitussin, Mucinex dan banyak lagi.)
  • Dekstrometorfan: Telah diteliti pada wanita menyusui dan dianggap aman. (Sering ditemukan di Alka Seltzer Plus, Batuk Tylenol & Dingin, Vicks DayQuil dan NyQuil dan banyak lagi.)
  • Chlorpheniramine: Telah disetujui, tetapi dosis besar juga dapat menurunkan pasokan susu. (Sering ditemukan di Coricidin dan banyak lagi.)
  • Ibuprofen, alias Advil atau Motrin: Telah disetujui, dan sebagian besar ahli mengatakan itu aman.

Itu dia beberapa daftar obat-obatan yang dianggap aman dikonsumsi ibu menyusui ketika terserang flu. Namun jika Anda merasa was-was dan Anda merasa ragu dengan obat flu untuk ibu hamil yang dikonsumsi, ada baiknya jika Anda memilih obat alami yang mana tidak akan memberikan efek samping yang buruk pada kesehatan Anda serta bayi yang tengah Anda susui. Anda bisa menggunakan air hangat, jahe, teh, bawang putih, youghurt, madu, atau bahkan banyak mengkonsumsi makanan bervitamin C.

Mengapa obat alami? Karena obat alami dipercaya tidak akan memberikan efek buruk baik pada kesehatan tubuh Anda maupun pada jagoan yang tengah Anda susui.

Dan apa pun yang harus dan wajib untuk Anda lakukan adalah, tetaplah menyusui. Jangan pernah berhenti menyusui karena pilek — air susu ibu Anda memberikan antibodi kepada bayi, yang berfungsi sebagai pertahanan terbaiknya terhadap penyakit Anda.