Menata Hunian dengan Desain Interior Rumah Skandinavia

Desain interior rumah Skandinavia merupakan salah satu desain rumah yang mulai populer dan modern di Indonesia. Desain ini identik dengan pemilihan warna pastel yang lembut seperti warna cokelat muda, putih, menggunakan warna palet yang netral serta warna yang cukup menonjol di setiap sisinya. Oleh karena itu desain ini banyak digemari oleh orang yang menyukai desain-desain estetik dan bernilai seni tanpa memberikan banyak detail warna.

Cara dekorasi dengan desain interior rumah Skandinavia

  1. Pemilihan warna utama yang lembut

Desain rumah Scandinavian minimalist memiliki warna yang dominan pada setiap sisi ruangan. Pilihan warna yang ada ialah warna monokrom seperti putih dan abu-abu atau menggunakan warna cokelat muda. Sebaiknya Anda memilih warna lembut agar seisi ruangan menjadi lebih terang dan terlihat bersih.

  1. Pemilihan warna lain sebagai aksen

Pada tips sebelumnya untuk desain rumah Skandinavia kita bisa menggunakan warna utama putih, abu-abu dan cokelat muda. Namun kita bisa menggunakan warna lain sebagai aksen demi mempercantik ruangan kita. Warna-warna lain ini bisa kita gunakan pada sarung bantal menggunakan warna biru laut, atau biru muda.

  1. Menggunakan fitur atau properti yang fungsional

Biasanya orang akan ceroboh dalam memilih properti yang akan dipasang pada ruangannya. Sehingga ada banyak properti yang sebenarnya tidak penting dan cenderung boros tempat. Pada desain interior rumah Skandinavia sangat lekat dengan properti yang fungsional meski anggaran terbatas. Dalam ruangan keluarga biasanya diisi dengan sofa, meja makan dan rak dengan kesan modern. Untuk kamar tidur sendiri terdapat biasa diisi dengan ranjang, lemari pakaian dan meja rias.

  1. Menambahkan aksesori pada interior

Tips berikutnya untuk desain rumah minimalist Skandinavia adalah memberi aksesori pada ruangan. Pada umumnya interior Skandinavia menggunakan tekstur permukaan yang tidak licin. Tujuannya adalah agar memberi kesan yang natural dan tidak kaku pada rumah Anda. Biasanya menggunakan kayu yang tidak perlu dilapisi lagi.

  1. Memanfaatkan buku yang banyak

Jika Anda merupakan seorang yang mencintai buku dan memiliki banyak koleksi, hal itu dapat dimanfaatkan sebagai bagian dari interior ruangan. Menatanya tidak harus dengan disusun rapi dalam rak buku, bisa juga dengan cara menumpuk buku dengan sampul yang banyak warna secara acak. Anda bisa menyusun buku ini secara bertingkat di atas meja sebagai pajangan yang estetik dan elegan.

  1. Memanfaatkan tanaman hias berwarna hijau

Interior Skandinavia berfokus pada alam, sehingga menggunakan tanaman hijau wajib untuk dilakukan. Anda tidak perlu menggunakan tanaman hijau dengan ukuran besar, cukup memanfaatkan tanaman hias yang kecil saja. Tanaman hias ini bisa kita letakkan di meja maupun di sudut ruangan sesuai dengan selera. Ada beberapa jenis tanaman hias yang bisa kita gunakan untuk model rumah Skandinavia antara lain bonsai, kaktus mini dan banyak lagi lainnya tanpa menghilangkan kesan modern. Untuk jasa desain rumah modern silakan kontraktor interior yang terpercaya, ada banyak vendor yang bisa Anda hubungi dan yang kami rekomen adalah AhliDesainInterior.com karena desain yang berkualitas dan bergaransi.

  1. Menonjolkan bentuk geometri

Konsep desain interior Skandinavia memiliki konsep natural dan identik dengan bentuk-bentuk yang geometris. Biasanya bentuk yang sering digunakan adalah persegi empat, segi tiga, dan lingkaran. Perabotan bisa menjadi elemen yang digunakan untuk menonjolkan bentuk geometri ini. Misalnya cermin yang berbentuk lingkaran, meja makan, kursi silinder dan masih banyak lagi.

  1. Menggunakan elemen kayu yang dominan

Elemen kayu merupakan elemen paling menonjol dari desain interior rumah Skandinavia. Material kayu digunakan untuk rangka dalam ruangan, dan langit-langit rumah terlihat jelas bentuk kayunya. Material kayu ini juga digunakan sebagai pelapis lantai, properti dalam ruangan juga biasanya dominan menggunakan kayu.