Setiap orang tentu ingin hidup lebih baik. Namun tak sedikit yang bingung harus memulai dari mana. Berbagai masa lalu dan problem sering kali menghambat tekad untuk berubah.

kata-kata-bijak-perubahan

Ya, berusaha lebih baik itu memang tak mudah dan banyak sekali rintangannya. Tolok ukur kebaikan pun relatif, tergantung cara pandang masing-masing orang. Bagi kamu yang kini berusaha untuk memperbaiki diri, mungkin kata bijak motivasi dari para tokoh bisa kamu gunakan untuk menjadi penyemangat dan pedoman.

Kata Bijak Motivasi Mengenai Cara Agar Hidup Lebih Baik

Tak sedikit ungkapan para tokoh mengenai cara untuk hidup lebih baik. Sebab berusaha untuk baik memang memberi banyak sekali keuntungan. Berikut beberapa kata bijak motivasi dari para tokoh sukses dan terkenal, diantaranya:

Teman mempengaruhi cara kamu menjalani hidup

“Apapun yang Anda lakukan dalam hidup, kelilingilah diri Anda dengan orang-orang cerdas yang akan beradu argumen dengan Anda.” – John Wooden.

Sebagai makhluk sosial, kamu tentu tak bisa lepas dari berteman dengan orang lain. Dari pergaulan tersebut cara pandang Anda terhadap hidup itu terbentuk. Oleh karenanya agar hidup lebih baik, maka cari teman yang baik pula.

Mau tidak mau, kamumemang harus memilih, sebab tak jarang kesuksesan terhambat karena salah berteman. Sekarang, tetapkan apa yang menjadi cita-cita kamu, kemudian posisikan diri berada di antara orang-orang yang memiliki kesamaan tujuan, sehingga kamu dapat berdiskusi dan berjuang bersama.

Rendah hati menjadi kunci keberhasilan hidup

“Satu tanda kebijaksanaan seseorang adalah mengetahui bahwa diri tidak tahu apa-apa.” – Socrates.

Tanda seseorang memiliki banyak pengetahuan adalah merasa sedikit tahu. Jika kamu ingin berhasil dalam hidup, maka bersikaplah rendah hati meski sudah memperoleh banyak ilmu. Dari sini kamu tidak akan pernah puas dan terus belajar. Merasa kurang atau tidak tahu apa-apa, membuat kamu lebih bisa menerima kritikan dan belajar dari orang lain. Selalu ingat bahwa ilmu di dunia ini luas, pengetahuan kamu hanya sebagian kecil darinya.

Terpenting dalam hidup adalah berusaha

“Sukses adalah sebuah perjalanan, bukan sebuah tujuan. Nyatanya proses berusaha lebih penting dari pada perolehan hasilnya.” Arthur Ashe.

Tugas manusia adalah berusaha dan berdoa, sementara Tuhan yang menentukan hasilnya. Namun, kamu harus percaya bahwa Tuhan tentu melihat seberapa besar perjuangan yang dilakukan saat berproses.

Terpenting, jangan pernah berhenti berusaha dan siapkan hati untuk menerima segala hasil. Percaya bahwa semua bisa diusahakan dan yang terjadi itulah terbaik bagi kamu.

Mulai dari sekarang tanamkan dalam diri bahwa kesuksesan adalah perjalanan, sebab hidup harus terus mengalami peningkatan. Ya,  jalani, nikmati, dan syukuri.

Berhenti mempersulit hidup

“Hidup itu sederhana, tapi kita membuat jadi rumit.” Confusius.

Tak dapat dipungkiri bahwa bertambah usia, beban hidup semakin berat. Parahnya, sering kali kamu menambahi dengan pikiran negatif yang membuat semuanya menjadi lebih rumit. Sebagaimana ungkapan Confusius, hidup itu sederhana, jalani dan nikmati saja apapun yang kamu alami saat ini.

Terpenting kamu sudah melakukan yang terbaik dan menghindari keburukan sesuai norma. Perkara hasilnya serahkan pada Tuhan. Ya, sudahi kebiasaan membebani diri, seperti mengeluh, marah, kecewa, menyalahkan diri. Semua itu hanya akan membuat kamu sakit secara fisik dan psikologis.

Jalani hidup dengan rasa syukur

Tuhan memberikan karunia berupa kehidupan. Selanjutnya berikan hadiah berupa hidup dengan baik.” Voltaire.

Sebagian orang mungkin lupa bersyukur bahwa Tuhan telah memberi anugerah kehidupan. Jika direnungkan, betapa luar biasanya nikmat hidup ini. kamu bisa merasakan semua kebahagian memiliki tubuh dengan fungsinya yang luar biasa, keluarga dan sahabat yang penuh cinta, serta harta lainnya.

Lantas masihkah kamu memiliki alasan untuk tidak berterimakasih kepada Tuhan? Syukur adalah bentuk tahu diri seorang manusia. Luar biasanya, sikap ini membuat Tuhan cinta dan semakin banyak memberi kamu kenikmatan.

Demikian beberapa kata bijak motivasi agar hidup lebih baik. Kini tugas kamu untuk menerapkannya dalam perilaku nyata.  Ya, hidup lebih baik membuat diri semakin tenang dan dekat dengan Tuhan. Perlu diingat bahwa selama niat dan tekad baik, Tuhan pasti akan menuntun kamu dalam kebaikan. Semoga bermanfaat.