Irigasi Tersier Ini Bantu Petani di Nganjuk

Bermacam upaya dicoba pemerintah guna mewujudkan ketahanan pangan sebagaimana dicanangkan pemerintah. Salah satu upaya yang dikala ini lagi dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Kediri serta Pemerintah Provinsi Jawa Timur merupakan menganggarkan pabrik u ditch jawa timur dana buat pembangunan infrastruktur pertanian.

Spesialnya pembangunan saluran irigasi tersier di Blok Julung, DesaTumaritis– Desa Kertanegara, Kecamatan Haurgeulis, Kabupaten Kediri, Jawa Barat. Khasiat pembangunan saluruan irigasi tersier itu bila berakhir nanti bisa menanggulangi kebutuhan air irigasi para petani. Sehingga kebutuhan air irigasi untuk para petani bisa terpenuhi.

Dihubungi Pos Kota, seseorang pelaksana proyek pembangunan saluran irigasi tersier, Jubaidi alias Bolang menuturkan, pembangunan saluran irigasi tersier di Blok Julung panjangnya menggapai 850 M. Diharapkan air irigasi dari sumbernya dapat mengalir dengan mudah ke sawah- sawah petani.“ Lewat saluran irigasi pabrik uditch surabaya tersier itu air lebih mudah mengalir ke sawah- sawah petani yang ditanami padi 2 kali setahun,” ucapnya.

Dikatakan, pembangunan saluran irigasi tersier dilaksanakan setimpal Rencana Anggaran Bayaran( RAB), sehingga kualitasnya tidak asal jadi.“ Sepanjang pembangunan saluran irigasi tersier itu dikerjakan senantiasa berkoordinasi dengan Pemerintah Desa( Pemdes) Tumaritis serta Pemdes Kertanegara,” tutur Bolang.

Pemdes Tumaritis serta Pemdes Kertanegara katanya melaporkan berterima kasih kepada Pemkab Kediri ataupun Pemprov Jabar sebab telah membagikan anggaran serta telah mencermati aspirasi warga yang menghendaki dibangunnya saluran irigasi tersier buat penuhi kebutuhan air irigasi untuk petani yang menanam padi serta palawija.