Fungsi Genset – Teknologi kini kian berkembang dengan pesat. Seiring dengan itu, perkembangan itu pun kehidupan orang-orang di sekitarnya juga kian pesat. Kini telah banyak yang  jual genset yanmar 50 kva sebab harga jual genset yanmar yang terjangkau, yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan listrik harian maupun sebagai cadangan ketika pemadaman.

Sebagian orang bahkan ada yang rela merogoh koceknya agak dalam demi agar tetap dapat beraktivitas dengan baik ketika terjadi pemadaman listrik dari pemasok listik (PLN). Genset merupakan suatu  kebutuhan yang mulai diburu oleh masyarakat mengingat fungsi dan urgensinya di masyarakat.

Fungsi Genset dari berbagai Sudut Pandang Kehidupan Sehari-hari

Berikut ini akan dipaparkan fungsi genset dilihat dari segala aspek kehidupan sehari-hari dilihat dan dari berbagai sudut pandang.

Dilihat dari sudut pandang ekonomi

Dari segi ekonomi, fungsi genset yaitu untuk menunjang aktivitas produksi di saat PLN tengah  melakukan pemadaman listrik. Anda dapat menemukan genset yang harganya terjangkau, sebab kini telah banyak tempat jual genset 30 kva Surabaya.

Misalnya saja ketika suatu pabrik makanan atau perkantoran yang butuh listrik untuk berproduksi, dengan sangat terpaksa mereka harus berhenti sejenak dari aktivitasnya karena mati listrik, maka secara otomatis ekonomi akan mengalami kerugian.

Dalam hal ini, genset berperan untuk tetap produktif dan tetap menghasilkan walaupun listrik sedang padam sekalipun. Dari segi ini, seseorang mungkin tak masalah jika harus mengeluarkan biaya untuk membeli atau merawat mesin genset miliknya. Sebab semua itu demi kelangsungan usaha mereka.

Dilihat dari sudut pandang kelistrikan

Fungsi genset dilihat dari segi kelistrikan ialah mengubah arus dari DC menjadi arus AC ataupun sebaliknya yang digunakan untuk menyalakan listrik sesuai dengan instalasi kelistrikan  yang terpasang pada bangunan, gedung-gedung, perusahaan atau bahkan rumah pribadi.

Listrik ini dapat diperoleh dari mesin generator listrik (genset) yang melakukan perubahan dari energi mekanik menjadi energi listrik.

Dilihat dari sudut pandang kebutuhan

Dilihat dari sudut pandang kebutuhan, generator set atau genset memiliki fungsi yang sangat penting. Misalnya saja saat Anda sedang mengadakan acara besar seperti pernikahan, pesta ulang tahun, hajatan sunat,  dan lain sebagainya. Tentunya acara-acara tersebut akan berubah jadi kacau jika listrik padam dari PLN.

Akan tetapi, pada segi ini genset memiliki peran sebagai ‘penyelamat’ acara-acara tersebut. Maka walau mati listrik mati sekalipun acara tetap dapat berjalan dengan baik sebagaimana mestinya.

Dilihat dari sudut pandang fisika

Genset pun memiliki fungsi apabila dilihat dari sudut pandang fisika, yakni mampu mengubah tegangan yang dihasilkan dari bahan bakar menjadi sumber energi listrik. Tersedia genset dari fasa 1 hingga 3. Genset 1 fasa dan genset 3 fasa memiliki perbedaan dari segi daya listrik yang dihasilkan oleh keduanya.

Genset 1 fasa lebih mengandalkan pada tegangan tinggi dari kutub L ke kutub N yang netral. Sementara, genset 3 fasa mengandalkan daya jauh lebih besar yang akan mengalir di antara dua kutub yang bertegangan. Umumnya, genset yang digunakan dalam skala rumah tangga adalah genset 3 fasa.