5 Jenis Bahan Yang Cocok Untuk Seragam Sekolah

Setiap sekolah di seluruh Indonesia mempunyai aturan tersendiri mengenai seragam yang harus dipakai sehingga setiap sekolah seragamnya akan berbeda-beda. Sebagai perlengkapan  yang  wajib, maka pihak sekolah  tidak  boleh sembarangan  saat menentukan jenis kain untuk baju sekolah siswanya.

Umumnya, menjelang tahun ajaran baru, permintaan kain yang digunakan untuk seragam sekolah semakin bertambah. Mula dari TK, SD, SMP dan SMA, pihak sekolah tentu  akan mulai mencari bahan yang akan digunakan untuk membuat atasan dan bawahan seraga.Walaupun warnanya tidak sama, namun pihak sekolah wajib memperhatikan pemilihan kain yang digunakannya.

 

Jenis Bahan buat Seragam Sekolah

Ada banyak  hal yang harus diperhatikan ketka membeli bahan kain untuk seragam sekolah. Salah satu diantaranya yaitu kualitas seragam  yang nantinya akan digunakan oleh para siswa.  Jika seragamnya memiliki kualitas yang bagus maka bisa dipastikan akan lebih awet serta siswa juga akan merasa nyaman  ketika memakainya. Oleh sebab itu, anda perlu mengetahui  jenis-jenis kain apa yang  cocok untuk digunakan sebagai seragam sekolah

 

1. Bahan Katun linen

Kain ini termasuk golongan  katun. Perbedaan dengan  jenis katun lainnya itu katun  linen memiliki serat yang tersusun  rapih. Akan   tetapi  jangan terkecoh dengan kata “katun” sebab bahan ini tidak diproduksi dari serat kapas.

 

 

Walaupun demikian, katun linen memiliki beberapa keunggulan yaitu seratnya cukup kuat dibandingkan dengan  katun yang  terbuat dari serat kapas.  Selain itu, anak yang menggunakan seragam dengan  bahan  kain ini tidak mudah kepanasan sebab bahannya mudah  menyerap keringat.

 

 

  1. Bahan Drill

Jenis kain ini paling sering digunakan untuk bawahan seragam  perempuan atau bisa disebut rok. Akan tetapi jangan  sembarangan  memilih  karena  jenis drill ada banyak yang  dipengaruhi  oleh kelembutannya sehingga harganya sangat bervariasi

Beberapa diantaranya yaitu taipan, ventaro, American drill, Japan drill, venoza dan Cadillac. Namun perlu kamu  ketahui bahwa taipan drill merupakan yang termahal karena tekstur bahannya lembut

 

  1. Bahan Oxford

Sebagain besar konveksi seragam  sekolah di seluruh Indonesia menggunakan  jenis kain oxford sebab mempunyai banyak keunggulan yang  nyaman untuk dipakai oleh siswa. Serat dari kain oxford sangat kuat sehingga tidak mudah sobek dan  awet penggunannya. Tidak hanya itu saja, pilihan warnanya juga sangat banyak sehingga tidak heran  banyak sekolah yang menggunakan  jenis kain ini.

Namun kain oxford diproduksi oleh berbagai macam  merk yang berbeda sehingga ketika anda mencari dipasaran, harga serta kualitasnya pasti tidak akan sama. Masing-masing merk mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri.  Kain oxford banyak dipakai ada seragam  pramuka.

 

  1. Bahan TC

Selain oxford, masih terdapat kain TC yang  juga banyak digunakan oleh  konveksi seragam sekolah dimana pun. Terdapat banyak variasi yang dapat anda pilih dari kain TC misalnya TC Nyonya, dakron, kijang dan  lain-lain. Dan yang paling banyak digunakan yaitu TC dakron.

TC dakron  mempunyai kelebihannya tersendiri yang berbeda dengan bahan  lainnya. Bahan yang cukup halus dapat membuat siswa betah saat memakainya.

 

  1. Bahan Plat

 

Apabila pihak sekolah memiliki anggaran yang terbatas, maka sebaiknya gunakan  jenis kain plat saja. Harganya cukup ekonomis ketimbang bahan  lainnya. Cuma warna yang ada itu sangat bergantung kepada merk apa yang mau digunakan. Carilah merk yang bisa menyediakan banyak warna