Makanan berserat tinggi untuk diet

Makanan berserat tinggi.Kandungan serat pada makanan sangat penting manfaatnya bagi tubuh terutama pada pencernaan,serat terbentuk dari lignin,selulosa dan hemiselulosa yang tidak bisa dicerna oleh usus di perut sehingga mampu membuat pencernaan menjadi lancar dan sehat.

Karena sifatnya yang tidak bisa dicerna dan mampu mengenyangkan perut dalam waktu lebih lama maka secara otomatis perut tidak akan merasa lapar dan tentunya mampu mengurangi porsi makan harian anda sehingga dapat mengontrol berat badan anda.

Namun meskipun sudah banyak yang tahu kalau serat sangat dibutuhkan oleh tubuh akan tetapi masih banyak orang yang tidak menambahkan serat dalam menu sehari hari mereka.

Makanan berserat tinggi yang mudah didapat

Kalau dilihat dari harganya, makanan tinggi serat justru relatif murah dan terjangkau dibanding makanan tinggi lemak dan juga tinggi gula yang tentunya bisa memberi efek buruk bagi tubuh anda dan berikut kami paparkan apa saja makanan berserat tinggi yang baik untuk kesehatan dan juga pelangsing alami untuk diet anda.

1.Alpukat

Buah yang satu ini sangat dianjurkan bagi anda yang ingin mengurangi asupan karbohidrat atau lebih tepatnya alpukat baik untuk diet karbo. Anda bebas menkonsumsi buah ini tanpa ada batasan asalkan jangan menambahkan gula dalam penyajiannya.

Lemak pada alpukat sangat baik untuk menekan lemak jahat pada tubuh sehingga mencegah dari kolesterol tinggi penyebab serangan jantung.

2.Apel

Tentu anda suka sekali dengan buah apel,selain rasanya yang enak ternyata apel memiliki kandungan serat yang cukup tinggi apalagi di bagian kulitnya yang mengandung pektin.

Sebaiknya konsumsi apel langsung dengan kulitnya agar serat yang anda dapat dari apel dua kali lebih banyak dibanding apel yang dikupas namun pastikan anda mencuci terlebih dahulu apel yang akan anda makan.

3. Brokoli

Jenis sayuran hijau ini memang paling tinggi kandungan seratnya dibanding sayuran lainnya sehingga banyak para ahli gizi menyarankan untuk menambahkan brokoli dalam menu anda.

Selain ampuh tururnkan kolesterol jahat,brokoli juga mampu mendetoks tubuh dengan baik.

4.Kacang merah

Kacang merah menjadi kacang kacangan yang paling disarankan bagi anda yang sedang dalam masa diet karena kaya akan serat serta mampu menekan kadar LDL dalam darah.

Selain itu kacang merah mengandung leusin sejenis protein yang sangat dibutuhkan untuk pembentukan otot tubuh.

Sudah saatnya anda memulai pola makan ke arah yang lebih baik dengan menambahkan makanan berserat tinggi seperti yang telah saya jelaskan diatas dan tentunya sangat mudah didapat serta terjangkau dari segi harganya.